Keindahan Alam Selalu Mampu Menghadirkan Kekaguman – SG Trip Day 2 (13 November 2016)

Gardens by the Bay, Singapore, 13 November 2016, 17.00 SG Time
Hari ini adalah hari terakhir liburan panjang saya. Pagi hari, saya bangun tidur jam 10.00 waktu SG. Saya langsung bersiap-siap untuk check-out dari hotel, mandi, dan berangkat ke Gereja Katolik St. Joseph di Bras Basah untuk merayakan Ekaristi pada jam 12.00 waktu SG. Jam 11.00 waktu SG saya berangkat, seperti biasa, dengan transportasi umum andalan saya, yaitu MRT. Misa selesai sekitar jam 13.15 waktu SG.

Setelah misa, saya melanjutkan perjalanan saya menuju Bugis. Sesampainya di Bugis, saya langsung menuju Bugis Street dimana saya membeli siomay Singapore. Ntah mengapa saya sangat suka siomay Singapore ini sehingga jika saya ke Singapore, saya pasti menyempatkan diri untuk membelinya. Setelah melalui perjalanan yang ruwet dan ramai di Bugis Street, saya kembali ke Bugis Junction untuk berkeliling dan akhirnya makan siang di food court di sana.

Makan Siang di Food Court Bugis Junction, Singapore, 13 November 2016, 14.00 SG Time

Saya kurang paham apa yang membuat makanan ini begitu mahalnya. Disajikan dengan nasi hainam, makanan ini dijual dengan harga S$ 13.50 atau kalo dirupiahkan berkisar Rp 130.000. Dari segi rasa, tidak terlalu istimewa, lebih istimewa lagi nasi hainam di Batam. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Tetapi, itu sudah terjadi dan biarlah saya jadikan pelajaran supaya tidak terulang lagi dikemudian hari. Setelah makan, karena waktu sudah hampir sore, saya kembali berkeliling Bugis Junction sambil berpikir hendak kemana lagi, karena kapal yang akan membawa saya ke Batam baru akan berangkat pada jam 20.45 waktu SG.

Setelah menghitung-hitung waktu dan mempertimbangkan hal-hal lainnya, akhirnya saya memutuskan untuk melanjutkan perjalanan saya menuju Gardens by the Bay yang sedang naik daun itu. Saya belum pernah ke sini sebelumnya, karena tempat wisata ini memang terbilang baru. Untuk mempersingkat waktu, saya langsung beranjak menuju stasium MRT Marina Bay.

Marina Bay Sands, 13 November 2016, 15.00 SG Time

Sesampainya di sana, saya sempat nyasar dan tidak langsung sampai di Gardens by the Bay. Saya sempat berkeliling, mengikuti petunjuk arah menuju Gardens by the Bay, namun karena daerah itu masih amat asing bagi saya, saya benar-benar tidak tau di mana letak persis dari Gardens by the Bay. Saya sempat naik lift dan sampai pada sebuah tempat seperti rooftoop, dan dari sana kita bisa melihat pemandangan daerah Marina Bay. Menyadari saya tidak berada di tempat yang benar, saya turun kembali dan mencoba untuk mencari lagi di mana Gardens by the Bay.

Art Science Museum, 13 November 2016, 15.00 SG Time

Setelah berkeliling mencari, akhirnya saya sampai juga di Gardens by the Bay. Pada dasarnya tidak banyak yang bisa saya ceritakan ketika berada di Gardens by the Bay. Gardens by the Bay bagi saya adalah sebuah taman raksasa yang dibangun, dipelihara dan dirawat sedemikian indahnya dengan sistem pengairan yang amat sangat baik sehingga menciptakan sebuah sirkulasi pengairan yang saling membutuhkan antara satu bagian dengan bagian yang lainnya.

Karena pada hari itu adalah hari minggu, maka di sana sangat banyak pengunjung, terutama turis. Di sana juga ada kereta yang bisa kita gunakan untuk berkeliling Gardens by the Bay. Saya mengabadikan beberapa foto di sana, beginilah penampakannya.

Salah satu jembatan di Gardens by the Bay, 13 November 2016, 15.30 SG Time
Danau di Gardens by the Bay, 13 November 2016, 15.30 SG Time
Supertree Groove dari kejauhan, 13 November 2016, 15.30 SG Time
Kemudian, saya berjalan-jalan mengelilingi kompleks Taman Raksasa Gardens by the Bay. Tentu saja saya tidak menjelajahi semuanya, karena kondisi kaki saya yang sudah lelah dan tidak memungkinkan saya untuk berjalan terlalu lama dan jauh. Namun, sejauh yang saya lihat, ada Chinese Garden, Indian Garden, Malay Garden, dll. Kemudian, saya juga menemukan Cloud Forest, yaitu semacam hutan yang ada di dalam ruangan tertutup. Saya tidak masuk ke dalam, karena kita harus membayar untuk masuk ke sana.

Setelah itu, saya juga menemukan Supertree Grooves, yaitu sebuah pohon buatan yang terbuat dari bahan metal, dimana antar pohon buatan itu dihubungkan oleh jembatan-jembatan sehingga kita bisa berkeliling dari jembatan dan bisa melihat pemandangan Gardens by the Bay dan mungkin sebagian negara Singapore. Namun, kita juga harus membayar tiket masuk apabila ingin naik ke jembatan di Supertree Groove ini.

Supertree Groove, Singapore, 13 November 2016, 17.00 SG Time

Setelah itu, karena waktu sudah menunjukkan jam 17.00 waktu Singapore, saya beranjak untuk kembali ke stasiun MRT Marina Bay untuk kembali. Seperti saat masuk ke tempat ini, pulangnya pun saya sempat nyasar dan mencari-cari di mana letak persis stasiun MRT Marina Bay. Setelah keluar-masuk gedung dan mengikuti petunjuk arah yang sudah disediakan, akhirnya saya menemukan stasiun MRT Marina Bay.

Dari stasiun MRT Marina Bay, saya menuju stasiun MRT Aljunied, saya hendak ke hotel tempat saya menginap, dimana saya masih menitipkan barang bawaan saya. Sesampainya di hotel, saya berjalan dengan tas bawaan yang sangat banyak dan berat menuju stasiun MRT Aljunied untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke stasiun MRT Harbour Front. Saat itu, dalam kelelahan, kaki juga sudah sakit, membawa barang yang berat dan banyak sungguh menyiksa saya. Itulah pengalaman pertama saya berjalan-jalan sendirian atau bahasa kerennya menjadi Solo Traveler. 😁😁😁

Memang lelah, namun pengalaman seperti ini tentu saja berguna bagi saya untuk solo trip saya selanjutnya. Melelahkan, tapi menyenangkan. Melelahkan, tapi mendapat pengalaman baru. 😊😊😊

Saya sampai di pelabuhan Harbour Front sekitar jam 19.30 SG Time. Sesampainya di sana saya tidak banyak melakukan hal, saya hanya duduk di ruang tunggu sambil menunggu counter check-in buka. Setelah itu, saya sudah dalam perjalanan pulang menuju Batam. Selesai sudah perjalanan panjang saya selama 9 hari, dari 5-13 November 2016. Walaupun lelah, tapi menyenangkan. 😁😁😁

Sumber Foto: Koleksi pribadi, diambil dengan Kamera Belakang Iphone 6+.